Air Zam Zam

Air zam zam merupakan air yang berkhasiat, air zam zam terpancar di dekat ka’bah di kota makkah, banyak para jamaah haji kita telah menikmati segarnya air zam zam. Dari Abu Dzar RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Air zam zam adalah mata air yang diberkahi. Sesungguhnya ia adalah makanan yang mengenyangkan”.

Beliau SAW juga bersabda: “air Zamzam berguna untuk tujuan apa ia diminum. Jika engkau meminumnya untuk tujuan kesembuhan, niscaya Allah menyembuhkanmu. Jika engkau meminumnya untuk memperoleh perlindungan, niscaya Allah melindungi. Dan jika engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, niscaya Allah menghilangkan dahagamu”.

Dari Abu Dzar RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Zamzam adalah makanan yang mengenyangkan dan penyembuh penyakit” .

Dari Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya salah satu tanda yang membedakan antara kita dengan orang-orang munafik adalah mereka tidak mau bertadhollu’ dengan air Zamzam”.

Tadhollu’ memiliki arti: meminum dalam jumlah yang banyak hingga merasa kenyang atau puas. Dan, air yang diminum mencapai bagian rusuk orang yang minum.

Sedangkan yang dimaksud dengan tasyafi adalah: meminum air Zamzam sebagai sarana terapi. Mengenai hal ini terdapat hadist yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA yang berkata bahwa Rasulullah SWA bersabda: “Air yang paling baik di permukaan bumi adalah air Zamzam. Ia mengandung makanan yang mengenyangkan dan obat penawar bagi penyakit”.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s